Prosedur dan Persyaratan Cara mengurus NPWP Langsung di KPP Terbaru

Prosedur dan Persyaratan Cara mengurus NPWP Langsung di KPP Terbaru
Tax Amnesty atau pengampunan pajak sedang marak di canangkan dan disosialisasikan oleh pemerintah untuk mendukung program tax amnesty ini salah satunya adalah mempermudah pembuatan NPWP karena dengan memiliki NPWP kita dapat membuat laporan wajib pajak atau SPT setiap tahunnya.

Sebagai warga yang baik kita harus taat pajak.

Sebelum kita masuk ke pokok pembahasan ada perlunya kita tahu mengenai program tax amnesty apati itu Tax Amnesty ?

Tak Amnesty adalah program pengampunan pajak bagi wajib pajak yang belum melaporkan hartanya sehingga mereka mendapat pengampunan atau keringanan saat membayar pajaknya.




Ok langsung ke pokok pembahasan

Prosedur dan Persyaratan Cara mengurus NPWP Langsung di KPP


Cara membuat NPWP baru di kantor pajak untuk karyawan, perorangan/ pribadi mungkin berbeda dengan mengurus secara online. NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Bisa dipahami juga sebagai nomor induk untuk membayar pajak, Sering ada pertanyaan apakah semua orang harus memiliki NPWP, kalau didasarkan pada undang-undang perpajakan maka semua orang yang telah memenuhi syarat objek dan subjek pajak. Kita tidak akan panjang lebar membahas teori perpajakan di halaman ini, langsung saja ke intinya untuk mendapatkan NPWP.

Syarat mengurus NPWP Perorangan/ Pribadi
Fotokopi KTP bagi WNI; atau
Fotokopi paspor, fotokopi KITAS atau KITAP, bagi Kewarganegaraan Asing.

Prosedur dan Persyaratan Cara mengurus NPWP Langsung di KPP

Cara mengurus / mendaftar pembuatan NPWP langsung.
Datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, kantor ini ada di setiap ibukota Kabupaten/Kota dan Provinsi.
Sampaikan maksud da tujuan pada petugas
Isi formulir pendaftaran wajib pajak sesuai dengan data dokumen persyaratan dan tandatangani
Serahkan formulir beserta persyaratan membuat NPWP pada petugas
Petugas akan memberi bukti penerimaan, jika tidak ada antrian maka segera kartu NPWP akan dicetak. Jika antri maka tunggu giliran dipanggil.

Prosedur dan Persyaratan Cara mengurus NPWP Langsung di KPP Terbaru

Pada dasarnya formulir permohonan bisa juga dikirim melalui pos/ jasa pengiriman surat dan barang, setahu penulis formulir pendaftaran NPWP bisa didownload di web resmi Dirjen pajak. Kartu NPWP kita juga akan dikirim ke langsung kerumah, asal formulir kita isi dengan benar dan syarat terpenuhi. Tapi sayang saat tulisan ini dibuat halaman Download formulir tersebut sedang error tidak bisa dibuka.

NPWP berlaku seumur hidup, jadi pembuatannya hanya sekali seumur hidup. Jika NPWP hilang tidak perlu mengurus pembuatan baru, cukup lapor ke KPP terdekat dengan membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian beserta fotokopi KTP maka kartu NPWP pengganti akan diterbitkan. Biaya pembuatan NPWP tidak ada alias gratis.

Apa guna NPWP? Salah satunya bisa menjadi kartu identitas pengganti KTP. Selain itu dalam membuat paspor juga kadang diminta NPWP. Dulu kalau kita ke Luar Negeri harus bayar fiskal LN, kalau punya NPWP fiscal ini dibebaskan (free), tapi sekarang fiskal sudah tidak ada jadi ada gak ada NPWP tetap gratis. 

0 Response to "Prosedur dan Persyaratan Cara mengurus NPWP Langsung di KPP Terbaru"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards