Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru

Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru
Paspor adalah dokumen yang sangat penting karena mengurus paspor untuk sekarang ini juga tidak mudah karena prosedur mengurus paspor juga cukup panjang jadi harus dijaga dengan baik.


Kehilangan dokumen penting bisa saja terjadi, terutama dokumen berukuran kecil seperti SIM, KTP dan STNK. Paspor termasuk dokumen ukuran sedang tapi tetap saja bisa hilang atau tertinggal di suatu tempat. Jika sesuai dengan aturan, paspor yang tertinggal di suatu tempat tidak bisa diganti dengan cara penggantian papspor hilang. Tapi atuaran itu hampir tidak dijalankan, setiap orang yang membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian selalu saja berhasil membuat paspor pengganti paspor hilang.
contoh sampul paspor


Syarat utnuk mengurus paspor hilang sama dengan membuat paspor baru + surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Biaya yang dikenakan juga sama.

Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru


Syarat mengganti paspor yang hilang:
Surat keterangan dari kepolisian setempat
KTP
KK (kartu keluarga)
Ijazah, Buku Nikah atau akta perkawinan, Akte lahir, atau surat baptis
Surat ganti nama dari pejabat berwewenang, jika pernah ganti nama.
NPWP bila ada

Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru
Bagaimana prosedur mengurus paspor hilang? Dalam hal ini ada sedikit  beda dari membuat paspor baru. Pada proses ini ada istilah pemeriksaan dan putusan, maksut putusan adalah untuk menentukan apakah penggantian paspor hilang bisa dilakukan atau ditunda 6 bulan hingga 2 tahun. Pejabat yang memutuskan perkara ini adalah Kepala Kantor Imigrasi.

Jika keputusannya dapat membuat paspor pengganti maka prosedur selanjutnya sama dengan membuat paspor baru, yakni;

Isi formulir
Serahkan berkas persyaratan dan formulir dalam 1 map, ambil kembali Aslinya, dapat jadwal wawancara
Sesudah wawancara dan scan sidik jari mendapat jadwal pengambilan paspor
Pengambilan paspor sesuai jadwal, foto copy dan beli sampul, selesai.

Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru

Bagaimna jika putusan dari Kepala Imigrasi tidak bisa membuat paspor pengganti? Maka si bersangkutan harus menunggu masa tunda pembuatan paspor baru, bisa 2 bulan, 6 bulan, dan atau hingga 2 tahun.

Adakah cara agar permohonan penggantian paspor hilang selalu disetujui Kepala Kantor Imigrasi? Pada dasarnya jika paspor hilang bukan karena kecerobohan atau kesengajaan pasti akan disetujui untuk membuat paspor pengganti, namun jika paspor tersebut hilang karena kecerobohan atau tertinggal di suatu tempat maka pembuatan paspor akan ditunda. Tapi kalau kita lihat di kenyataan kebanyakan permohonan penggantian paspor hilang disetujui asal memiliki persyaratan lengkap (syarat bikin paspor + surat keterangan kepolisian).

Bagaimana jika kehilangan paspor di luar negeri? Jika paspor hilang di Luar Negeri maka si bersangkutan harus melapor ke Perwakilan Repoblik Indonesia yang ada di Negara tersebut. Proses selanjutnya akan ditangani di KBRI tersebut hingga tuntas. Demikianlah syarat dan prosedur megurus paspor yang hilang secara umum.

Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru ini semoga dapat membantu anda apabila mengalami kejadian ini atau kehilangan paspor dan Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru dapat bermanfaat.

0 Response to "Prosedur dan Persyaratan Cara Mengurus Paspor Hilang Terbaru"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards