Job Deskripsi CS atau Customer Service

Job Deskripsi CS atau Customer Service


Pengertian customer service beserta tugas dan fungsinya dapat kamu baca di artikel ini. Customer service adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah dengan memuaskan. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.

A. Berikut ini tugas dan fungsi dari customer service


Tugas dan fungsi customer service adalah seorang customer service harus pandai dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikan berbagai masalah-masalah yang dihadapi oleh pelanggan atau tamunya. Tugas customer service yaitu memberikan pelayanan yang prima dan membina hubungan baik dengan nasabah, klien atau pelanggan. Seorang customer rervice juga harus bertanggung jawab dari awal sampai akhir dari pelayanan tersebut. Customer service juga berfungsi untuk:

Penerima Tamu – Dalam hal ini Seorang customer service melayani pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tamu serta memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin secara ramah, sopan, menarik dan menyenangkan. Harus selalu memberi perhatian, bicara dengan suara jelas serta lembut, dan memakai bahasa yang mudah dimengerti klien.
Customer Relation Office – Artinya bahwa customer service yaitu orang yang dapat membina hubungan baik dengan klien/pelanggan. Sehingga merasa puas, senang, dan juga semakin percaya. Customer service harus menyiapkan formulir ataupun brosur untuk tamu/klien, serta ikut membantu mengisi formulir.
Komunikator – Dengan cara memberikan berbagai informasi dan kemudahan-kemudahan kepada tamunya, juga sebagai tempat menampung berbagai macam keluhan, keberatan ataupun sebagai tempat konsultasi.

Deskripsi Kerja Customer Service: Tugas & Tanggung Jawab - Customer service adalah pelayanan yang disediakan oleh suatu perusahaan untuk melayani kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan yang biasanya meliputi penerimaan order/pesanan barang, menjawab pertanyaan-pertanyaan atau memberikan informasi, dan penanganan keluhan-keluhan yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Customer service bank mempunyai tugas antara lain: sebagai penerima tamu, sebagai deskman, sebagai salesman, sebagai customer relation officer, dan sebagai komunikator. Selain itu tugas utama customer service adalah melayani kebutuhan nasabah.

Customer Service (CS) adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk pekerjaan pelayanan pelanggan. Tugas utama seorang CS adalah melayani kebutuhan pelanggan memberikan solusi, mencatat pesan atau persoalan yang harus diselesaikan perusahaan, dan lain-lain. CS bisa ditempatkan di front office dan berinteraksi langsung secara tatap muka dengan pelanggan atau di back office dan berinteraksi melalui pesawat telepon atau Internet.  


Lulusan D3 atau S1 semua jurusan, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, menguasai komputer, mampu berbahasa Inggris, cekatan, ramah, dan memiliki jiwa melayani.

Pekerjaan customer service dikategorikan sebagai pekerjaan pokok karena melalui pekerjaan tersebut terdapat interaksi awal antara Bank dengan nasabah atau konsumen perbankan untuk melakukan pembukaan rekening simpanan atau memperoleh informasi mengenai produk dan aktivitas tertentu Bank.

Pekerjaan customer service juga berkaitan erat dengan penerapan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko Bank melalui penerapan Know Your Customer (KYC) dan Anti Money Laundering, pelaksanaan edukasi kepada nasabah agar nasabah memiliki pemahaman yang memadai mengenai produk atau aktivitas Bank, pemeliharaan nasabah untuk menjamin kelangsungan usaha suatu Bank, dan perlindungan terhadap hak dan kepentingan nasabah dan konsumen perbankan, khususnya terkait dengan kerahasiaan data nasabah. Dengan  demikian, apabila pekerjaan tersebut tidak ada, kegiatanBank akan sangat terganggu atau tidak terlaksana sebagaimana mestinya.

Dalam praktiknya fungsi Customer service adalah sebagai berikut (Kasmir, 2005 : 182) :
Sebagai Resepsionis,

Artinya sebagai penerima tamu yang datang ke Bank. Tamu yang dimaksud adalah nasabah yang datang ke bank. Fungsinya dalam hal melayani pertanyaan yang diajukan nasabah dan memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin.

Sebagai Deskman, artinya sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah.

Sebagai Salesman Artinya sebagai orang yang menjual produk perbankan,maksudnya menawarkan produk bank kepada setiap calon nasabah yang datang ke bank.

Sebagai Customer Relation Officer, yaitu sebagai seseorang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap bertahan tidak lari dari bank yang bersangkutan.

Sebagai Komunikator, artinya sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah.

B. Syarat yang umumnya harus dipenuhi customer service

Syarat Customer Service (syarat pada umumnya), bisa di baca di bawah ini:


Syarat Fisik, antara lain :

Menarik dari segi wajah dan penampilan.
Memiliki tingga badan serta berat badan harus proporsional. Misalnya seperti: tinggi badan ideal untuk laki-laki minimal 165 cm & untuk perempuan minimal 160 cm.
Memiliki kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.
definisi customer service
Apakah itu customer service?
Syarat mental, harus mempunyai :

Memiliki mental yang kuat dalam melayani klien, sebab akan memberikan kepercayaan diri yang lebih baik, dapat memberikan keyakinan dan menimbulkan sifat kejujuran maupun tanggung jawab yang besar terhadap apa saja yang dilakukannya.
Syarat Kepribadian, yaitu:

Energik dan juga gesit.
Rasa humor dan selalu ingin maju.
Mampu mengendalikan diri sendiri.
Tidak mudah marah atau tempramental.
Tidak terpancing untuk berkata-kata ataupun berbuat kasar.
Syarat Sosial, diantaranya yaitu:

Memiliki jiwa Sosial yang tinggi.
Bijaksana.
Mempunyai budi pekerti yang tinggi.
Pandai bergaul dan bersosialisasi dengan siapapun.

0 Response to "Job Deskripsi CS atau Customer Service"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards