Contoh SOP/ PROSEDUR ANALISIS DATA

Contoh SOP/ PROSEDUR ANALISIS DATA


Dalam ISO 9001 : 2015 sistem manajemen mutu, proses analisa data sangat penting dan diwajibkan, analisa data itu berupa analisa proses produksi/jasa, kepuasan pelanggan dan pencapaian kinerja dari setiap bagian/departemen.

Contoh SOP/ PROSEDUR ANALISIS DATA

Berikut adalah Contoh Prosedur Ananlisis Data dalam ISO 9001:2015 :

1.  Tujuan
Melakukan  analisa  data  hasil  pelaksanaan  sistem  manajemen  mutu  untuk meningkatkan kinerja sistem yang dijalankan.

2.  Ruang Lingkup
Analisa data dilakukan atas hasil proses pemeriksaan produk, pengukuran pendapat pelanggan serta pencapaian proses produksi.

3.  Referensi
 Prosedur tindakan Koreksi dan Pencegahan

4.  Definisi
Proses Analisa data adalah proses penjabaran sebuah proses dengan menampilkan data-data dan mengolahnya menjadi sebuah informasi yang mudah dipahami.

5.  Prosedur Proses Analisi Data

5.1.   Tanggung Jawab

5.1.1.  Masing-masing  unit  bertanggungjawab  untuk  melakukan  analisa  data yang  ada  di  unitnya  dan  menentukan  tindak  lanjutnya  sesuai  ketentuan prosedur ini.

5.1.2.  Quality Assurance atau Quality Management Representative  bertanggungjawab  memastikan  bahwa  semua  unit menjalankan analisa data sesuai dengan prosedur ini.

5.2.  Rincian Prosedur Analisis Data

5.2.1.  Masing-masing  unit  bertanggung  jawab  untuk  melakukan  analisa  data yang sesuai dengan melakukan pengumpulan dan pengolahan data untuk kemudian dianalisa.

5.2.2.  Data  yang  dikumpulkan  untuk  dianalisa  akan  ditetapkan  oleh  masing-masing  unit  berdasarkan  kebijakan  manajemen.  Data  diperoleh  dari pencatatan/laporan yang ada.

5.2.3.  Data yang telah dikumpulkan akan diolah dengan menggunakan metode statistik  yang  sesuai  pada  masing-masing  unit  untuk  kemudian ditunjukkan dalam grafik/diagram yang telah ditetapkan.  

5.2.4.  Berdasarkan  hasil  data  yang  telah  diolah  tersebut,  masing-masing  unit akan menganalisa dan membuat kesimpulan atas analisa yang dilakukan dan dicatatkan dalam Laporan Analisa Data.

5.2.5.  Hasil analisa tersebut kemudian dibahas dengan pihak yang terkait, untuk dilakukan  tindak  lanjut  atas  hasil  analisa  tersebut.  Tindak  lanjut  hasil analisa dicatat dan dikomunikasikan kepada pihak yang terkait.

5.2.6.  Masing-masing  unit  kerja  bertanggung  jawab  untuk  melakukan  tindak lanjut  yang  disepakati  dan  memastikan  tindak  lanjut  dilakukan  secara efektif.

6.  Dokumentasi Prosedur Analisis Data


6.1.Laporan Hasil Analisa

0 Response to "Contoh SOP/ PROSEDUR ANALISIS DATA"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards