Prosedur Refund Belanja Online di Lazada, Elevania, Bukalapak dan Tokopedia

Bisnis Ecomerce saat ini berkembang dengan pesat dan Hampir semua orang saat ini mengenal dan familiar dengan kata online shop, apalagi untuk para wanita. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Hanya dengan membuka internet atau hape saja kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah.

Refund Lazada, Bukalapak, Elevania, Tokopedia

Apa itu E Comerce ?

Pengertian Ecomerce adalah E-commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce (EC) merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email,electronic bulletin board,,esin faximile,dan electrinic Fuond tranfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di internet shopping.
E-commere dapat diartikan sebagai konsep penerapan E-bussines sebagai strategi jual-beli barang dan jasa melalui jaringan elektronik dan biasanya melibatkan transaksi data elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Hal ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi baik dalam segi efisiensi serta keamanannya, sehinnga memunculkan ide-ide gagasan untuk menjadikan teknologi informasi itu sebagai media untuk melakukan pemasaran, promosi, bahkan transakasi data yang dianggap bisa lebih effisien dan mempermudah transaksi jual-beli.

Merebaknya situs jual beli online seperti Lazada, Elevania, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya membuat banyak orang bebas memilih sesuai harga dan pelayanan yang diberikan oleh setiap penyedia belanja online.
Hal yang sering ditakuti atau ditemukan dalam melakukan transaksi secara online atau belanja online adalah barang yang dibeli tidak sesuai permintaan atau rusak saat diterima oleh pembeli.
Dalam istilah jual beli onlinenya hal seperti itu disebut dengan refund.

Apa itu Refund dalam belanja online ?

Banyak istilah selain refund yang perlu kita tahu saat melakukan transaksi atau jual beli secara online di Lazada, Elevania, Bukalapak, ataupun Tokopedia.

Berikut Beberapa Istilah dalam belanja Online :


1. Dropship
Dropship adalah pengiriman barang kepada konsumen dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku reseller.

2. TF
TF adalah singkatan yang biasa digunakan dalam kosa kayta online shop dan itu adalah kepanjangan dari Transfer.

3. Return
Return memiliki arti tukar barang yang sudah dibeli dengan barang lainnya.

4. Refund 
Refund memiliki arti Transaksi dibatalkan, barang dikembalikan kepada penjual dan uang dikembalikan kepada pembeli

5. Reject
Reject dalam bahasa indonesia memiliki arti tolak, dan di dalam online shop reject memiliki pengertian sebagai ‘barang tidak dalam kondisi baik, ada cacat.

6. Ready stock
Ready stock memiliki arti barang tersedia.

7. PO
PO singkatan dari Pre Order. Ini adalah sistem yang banyak dipakai oleh mereka yang menjual barang impor, atau custom. Jadi, barang baru akan dipesankan atau diproduksi setelah jadwal PO berakhir, dan dikirim setelah barang jadi.

8. Restock
Restock artinya barang yang diperjual belikan tersedia kembali, setelah mengalami out of stock.

9. Out of stock
Out of stock adalah Istilah untuk keadaan barang yang habis persediannya di tangan penjual atau supplier.

10. Sold
Sold adalah bahasa online shop yang biasa digunakan untuk menyatakan bahwa barang/stock telah habis terjual.

11. Trusted
Trusted dalam online shop berarti menyatakan bahwa online terus terpercaya, bukan penipu.

12. Testimonial/Testi
Istilah untuk pesan dan kesan dari pelangganya. Ini biasanya dijadikan bukti untuk meyakinkan pembeli lainnya berdasarkan pengakuan pembeli sebelumnya

13. DP (Down Payment)
sistem pembayaran yang tidak langsung dibayar lunas. Sistem pembayaran ini biasanya digunakan untuk barang dengan sistem pre order.

14. Full payment
Full Payment berarti pembayaran penuh, atau langsung LUNAS.

15. Booked
Booked adalah bahasa yang biasa di gunakan seller untuk mengutarakan bahwa barang telah dipesan oleh orang lain. Anda tidak bisa membelinya

16. Keep
Hampir sama dengan booked diatas, keep biasanya dilakukan oleh pembeli yang sudah pasti akan membeli satu produk tapi belum sempat melakukan pembayaran. Pesanan di keep terlebih dahulu agar tidak terjual kepada orang lain

17. Hit and run
Istilah untuk mereka yang pesan ini itu, janji mau bayar tanggal sekian tapi tidak menepatinya. Hit and run bisa juga istilah untuk konsumen yang rajin tanya-tanya detail produk tapi tidak pernah membeli.

18. Ongkir/shipping cost (Ongkos kirim)
Ongkir adalah bahasa untuk menyatakan  biaya pengiriman dari tempat penjual ke pembeli. Ini ditanggung sama pembelinya.

19. Resi
Resi adalah nomor bukti pengiriman barang yang didapatkan dari pihak ekspedisi.

20. COD (Cash on Delivery)
Cara pembelian di mana penjual dan pembelinya bisa bertatap muka. Bisa janjian di sebuah tempat, atau penjual anterin ke rumah pembeli. Pembayaran di lakukan saat mereka saling bertemu.


Banyak sekali pelanggan yang merasa kesulitan mengenai bagiamana melakukan refund dalam belanja online di Lazada, Elevania, Bukalapak, dan Tokopedia.

Prosedur Refund Belanja Online di Lazada, Elevania, Bukalapak dan Tokopedia

1. PROSEDUR Refund Dana di LAZADA Disini

2. PROSEDUR Refund Dana di ELEVANIA Disini

3. PROSEDUR Refund Dana di BUKALAPAK Disini

4. PROSEDUR Refund Dana di TOKOPEDIA Disini


0 Response to "Prosedur Refund Belanja Online di Lazada, Elevania, Bukalapak dan Tokopedia"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards