Prosedur atau SOP Resign (Pengunduran diri)

Contoh prosedur text dan contoh SOP- Penggantian personil atau karyawan dalam sebuah perusahaan ataupun instansi sangat wajar dan hal yang biasa terjadi, oleh karenanya diperlukan Prosedur atau SOP Resign (Pengunduran diri).


SOP atau prosedur yang jelas mengenai pengunduran diri atau resign yang dilakukan oleh karyawan atau pegawai harus jelas dan dapat mengakomodasi kepentingan perusahaan dan pemohon/karyawan/pegawai.

Resign

Beberapa Alasan Resign yang sering dipakai : 

1. MENCARI YANG LEBIH BAIK

Alasan mainstream berikutnya adalah "Mencari yang Lebih Baik". tentunya alasan ini menjadi sebuah ancaman bagi perusahaan yang dimana dulu ia bekerja, karena otomatis secara tidak langsung mengatakan bahwa perusahaan itu kurang memberikan kemakmuran baginya. Tetapi bagaimanapun Life is a Choice, sekali pilihan itu terbaik maka jalanilah segala resiko di depannya.

2. ALASAN PENGEN PULANG KAMPUNG

Alasan umum berikutnya, adalah khusus bagi mereka-mereka yang berkenala ke kota-kota ataupun desa lain. Tidak betah bekerja karena perbedaan kondisi, status, kenyamanan, terutama karena jauh dari keluarga. Ini merupakan alasan yang sangat seringkali ditemukan dan diperbincangkan oleh anak-anak MT, ODP, MDP, MMDP dan istilah lainnya setelah lulus program dan ditempatkan tersebar di seluruh wilayah Indonesia

3. GAJI KURANG

Tidak dipungkiri, orang bekerja pasti karena gaji yang dijanjikan. Di awal, para Fresh Grade mengatakan gaji berapapun diiyakan, tetapi sebulan bekerja mungkin masih nyaman. Lama kelamaan karena seringnya aktif di Sub Forun Lowongan Kerja kaskus yang sering membahas masalah gaji. akhirnya sang Fresh Grade pun tergoda. Yah, sekali lagi itulah pilihan hidup kawan
Jadi, Mengundurkan diri (Resign) adalah hak individu masing-masing entah apapun alasannya

Berikut Adalah Prosedur atau SOP Resign (Pengunduran diri)


1. Pemohon/Karyawan mengajukan surat pengunduran diri/Resign minimal 1 bulan sebelum karyawan keluar.

2. Manager terkait/ Atasan langsung mendiskusikan mengenai pengajuan resign/ pengunduran diri pemohon bersama dengan HRD.

3. Manager terkait/ pemohon mengisi form clean sheet untuk mengembalikan hal-hal yang menjadi milik perusahaan.

4. HRD melakukan/ input data di HRIS untuk update data karyawan.

5. HRD Akan memberikan surat keterangan kerja atau pengalaman kerja apabila karyawan mengajukan pengunduran diri 1 bulan sebelumnya dan sudah bekerja minimal 6 bulan.

6. Menyimpan dengan baik data resign karyawan.

0 Response to "Prosedur atau SOP Resign (Pengunduran diri)"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards