Contoh SOP/Prosedur pada bagian Finance (Accounting)

Prosedur text dan Prosedur kerja

Contoh SOP/Prosedur dan Form- Departemen selanjutnya dari contoh SOP/Prosedur dan form yang ingin Contoh SOP/Prosedur dan Form bahas adalah contoh SOP/Prosedur pada bagian Finance.

Setelah pada postingan Contoh SOP/Prosedur dan Form sebelumnya membahas pengertian dari SOP/ Prosedur pada artikel kali ini bisa langsung ke pokok pembahasan, bagi yang ingin membaca apa itu SOP/prosedur bisa dibaca disini.

Ruang lingkup departemen Finance dalam perusahaan biasanya fokus pada cash flow laba rugi dalam perusahaan, melakukan pembayaran ke supplier melakukan Audit stock opname, penagihan piutang dan Pencatatan laporan kas harian dan sebagainya.

Dalam departemen finance biasanya terdiri dari fungsi finance itu sendiri dan fungsi Accounting, Apa bedanya Finance dengan Accounting ?

Finance dan Accounting

Perbedaan Finance dengan Accounting adalah

Finance: prinsipnya adalah seseorang yang memegang uang, dia punya otorisasi untuk mengeluarkan dan menerima uang, baik itu uang kas (biasanya dipegang “Kasir”), maupun uang-uang yang ada di bank, deposito, dan investasi keuangan lainnya
.
Accounting: prinsip accounting adalah mencatat, memeriksa dan melaporkan, mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan keuangan kantor.

Pada artikel contoh SOP/Prosedur pada bagian Finance(Accounting)  akan sedikit memberikan beberapa contoh SOP/Prosedur pada bagian Finance(Accounting) antara lain.

1. SOP /Prosedur Penagihan piutang yang berisi memberikan panduan mengenai penagihan yang dilakukan finance ke customer.

2. SOP/ Prosedur Pembuatan LKH (laporan kas harian) yang berisi panduan pembuatan laporan LKH oleh finance, Contoh SOP/ Prosedur LKH bisa dilihat disini contoh sop nya

3. SOP /Prosedur Audit Stock Opname yang berisi panduan bagaimana melakukan Audit Stock opname yang benar dari awal sampai akhir, contoh SOP/Prosedur Audit stock opname bisa dilihat disini contoh SOP nya

4. SOP/ Prosedur pembayaran ke supplier yang berisi panduan bagaimana proses pembayaran ke supplier setelah pembelian melakukan order.

5. SOP/Prosedur control budget yang berisi panduan proses control budget mulai dari pengajuan sampai dengan review SOP nya.


 6. SOP/Prosedur Penggajian yang berisi panduan proses pengeluaran sampai dengan penerimaan slip gaji, bisa dilihat disini contoh SOP nya

Beberapa contoh Prosedur text dan Prosedur kerja diatas semoga dapat memeberikan gambaran mengenai proses di Finance dan Accounting.


0 Response to " Contoh SOP/Prosedur pada bagian Finance (Accounting)"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards