Prosedur Penerapan SNI Guna Meningkatkan Daya Saing

Prosedur dan Kebijakan Regulasi Penerapan SNI Guna Meningkatkan Daya Saing di Indonesia


Materi 1

Sosialisasi UU tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian : UU no 20 Tahun 2014 yang terdiri 76 pasal oleh Ir Budi Raharjo, MM dari BSN

Sekilas mengenai UU no. 20 th 2014:
Pasal 13 : SNI Dirumuskan memperhatikan ketersediaan SDM, kepentingan nasioanalhasil penelitian, inovasi dan pengalaman.
Pasal 19 : Dilarang memalsukan SNI
Pasal 21 : SNI dapat diterapkan secara sukarela oleh pelaku usaha
Pasal 67 : Setiap orang yang mengimpor barang dengan sengaja memperdagangkan atau mengedarkan barang yang tidak sesuai dengan SNI atau penomoran SNI sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 25 ayat 4 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak 35 M.

Panel 1

Kebijakan dan Regulasi dalam penerapan SNI bagi UMKM
-          Penerapan SNI wajib untuk produk yang termasuk K3L (Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan)/ yang sudah masuk daftar wajib SNI oleh BSN, di luar itu masih bersifat tidak wajib tetapi bila dilakukan akan memberikan nilai tambah produk dan sistem.
-          Penerapan SNI wajib dan non wajib atau sukarela bisa dilakukan sertifikasi produknya dengan mengajukan permohonan Sertfikasi SNI ke BSN atau badan sertifikasi yang sudah diakreditasi oleh KAN.
-          Khusus untuk SNI yang belum wajib bisa sertifikasi dengan catatan sudah ada SNI prosesnya yang terdaftar di BSN bila belum harus mengajukan dan konsultasi ke pihak BSN untuk perumusan SNI nya.


Tanya Jawab :
1.      Industri yang ikut SNI award apa benefitnya ?
a.       Jawab : Dapat konsultasi atau masukan proses dan branding ke media social dan TV bila berhasil memenangkan SNI award.
2.      Bagaimana menyikapi SNI palsu yang ada di pasaran ?
a.       Jawab : Ditindak sesuai UU yang berlaku UU no 20 Th 2014 dan dilakukan sosialisasi dan pemahaman standardisasi produk yang wajib SNI
3.      Apakah daftar produk di e-catalog sudah SNI ?
a.       Jawab : Belum semua produk di e-catalog sudah SNI karena ada banyak produk yang belum wajib SNI dan belum ada SNI prosesnya, SNI diwajibkan di e-catalog baru untuk belanja APBN barang kontruksi.
4.      Apakah semua produk SNI masuk e-catalog ?

a.       Jawab : belum semua masuk e-catalog

0 Response to "Prosedur Penerapan SNI Guna Meningkatkan Daya Saing"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards