Prosedur Peluncuran Produk Baru/ Launching New Product

Kumpulan Prosedur kali ini membahas mengenai Prosedur Peluncuran Produk Baru/ Launching New Product.

Prosedur ini mencakup persiapan, peluncuran dan evaluasi produk baru maupun produk lama melalui proses pengembangan produk.

Source picture : blog.optimizely.com
Dalam sebuah industri manufacture yang sudah maju pasti sudah memiliki tim Research & Development untuk mempersiapkan produk baru yang mereka miliki maupun melakukan riset terhadap perkembangan pasar yang ada.

pada pembahasan kali ini hanya sampai pada proses bagaimana peluncuran sebuah produk baru yang dilakukan pada internal perusahaan dalam hal ini yang bertanggung jawab sesuai JOB Des nya adalah dari Tim marketing.

Kumpulan Prosedur mencoba menunjukan secara sederhana bagaimana proses 
Prosedur Peluncuran Produk Baru/ Launching New Product

1.    RINCIAN PROSEDUR

    1.1. Senior Manager Marketing menginformasikan melalui Internal Memo kepada Depertemen terkait seperti :

a.        HRD untuk mempersiapkan dengan personel
b.        IT untuk mempersiapkan input paket sistem
c.        Procurement mempersiapkan pengadaan barang
d.        Operational mempersiapkan pelaksanaan pelayanan

2.1. Departemen Marketing mempersiapkan sarana promosi / publikasi  melaluibrosur. 
3.1.    Departemen Marketing melakukan sosialisasi produk baru secara internal.
4.1.  Departemen Marketing mengajukan penawaran produk baru melalui email, fax, dan website kepada pelanggan.
5.1.  Departemen Marketing melakukan evaluasi terhadap produk baru secara berkala.
6.1.  Departemen Marketing bersama dengan departemen terkait berdasarkan hasil evaluasi produk melakukan tindakan perbaikan dan pencegahan terhadap ketidak sesuaian produk.

Baca juga :

1. Contoh SOP Audit
2. Contoh SOP Finance


3. COntoh SOP HRD

0 Response to "Prosedur Peluncuran Produk Baru/ Launching New Product"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards