Prosedur Evaluasi dan Seleksi supplier atau pemasok

Kumpulan prosedur dan form

Prosedur Evaluasi dan Seleksi supplier atau pemasok dalam bisnis, manajemen hubungan yang saling mengutuntungkan diantara perusahaan dan supplier atau pemasok sangatlah diperlukan, apalagi dalam proses pembelian akan selalu berhubungan dengan supplier untiuk itu diperlukan pemilihan supplier yang jeli karena sedikit banyak supplier/pemasok berperan penting terhadap hasil apa yang kita berikan atau kita jual kepada konsumen, untuk itu dalam ISO 9001 sendiri ada persyaratan untuk selalu melakukan evaluasi secara periodik atau berkala terhadap supplier yang dipakai dalam sebuah perusahaan atau instansi apapun, dan tidak hanya evaluasi supplier aja tetapi seleksi pemilihan supplier pun harus dilakukan secara transparan dan terbuka sehingga tidak menimbulkan kecurigaan adanya praktik korupsi didalamnya.


Standar ISO 9001:2008 Klausul 7.4.1  menyebutkan bahwa:

Organisasi harus mengevaluasi dan memilih pemasok berdasarkan kemampuan mereka untuk memasok produk sesuai dengan persyaratan organisasi . Kriteria untuk pemilihan, evaluasi dan evaluasi ulang harus ditetapkan. Catatan hasil evalusi dan tindakan yang perlu yang timbul dari evaluasi harus dipelihara 

Penilaian untuk menentukan kinerja supplier atau Indikator Kinerja Supplier yang biasa dipakai adalah

1. Quality
2. Cost
3. Delivery
4. Flexibility
5. Responsiveness 

Berikut prosedur sederhana untuk proses seleksi dan evaluasi supplier

1. Bagian pembelian

- Pembelian Melakukan pencarian 3 suplier baru sesuai barang yang diinginkan, pencarian supplier baru kemudian dimasukan kedalam form untuk penilaian.

- Pembelian Melakukan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan disetujui oleh manajemen antara lain :

1. Quality
2. Cost
3. Delivery
4. Flexibility
5. Responsiveness 

- Pembelian Menentukan supplier yang terpilih dan memasukan dalam daftar supplier terpilih, untuk selanjutnya menjadi supplier jadi.

- Pembelian Melakukan evaluasi terhadap supplier secara periodik, secara umum evaluasi supplier dilakukan minimal 6 bulan sekali.

-Selesai


 Baca juga :

1. Contoh SOP Audit
2. Contoh SOP Finance
3. COntoh SOP HRD
                              

0 Response to "Prosedur Evaluasi dan Seleksi supplier atau pemasok"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards