Prosedur Payroll atau Pengupahan

Prosedur dan Form- Prosedur selanjutnya yang juga sering dan umum ada adalah mengenai prosedur finance yaitu mengenai pembayaran gaji atau Payroll.

Prosedur payroll ini sangat sederhana karena hanya untuk para Pemula yang memerlukan model pembanding penggajian ditempat kerja yang sekarang. Banyak model sistem penggajian yang rumit dan canggih. Termasuk sistem absensinya juga bermacam-macam. Ada yang menggunakan finger print, kartu gesek, ratina mata, atau kartu check clock biasa.
Semua model sistem absensi karyawan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tergantung mana yang lebih cocok untuk digunakan pada Perusahaan setempat. Perusahaan industri pabrikan yang jumlah karyawannya banyak dan Perusahaan jasa yang jumlah Karyawannya kurang dari 100 orang, tentu beda dasar pertimbangannya. Perusahaan yang jumlah Karyawannya sedikit, tentu akan memilih yang lebih canggih karena kemungkinan error alat lebih sedikit. Tapi Perusahaan yang jumlah karyawannya banyak, tentu lebih memilih yang manual atau semi manual.

Metode semi manual ini paling cocok atau sesuai untuk perusahaan yang jumlah karyawannya tidak lebih dari 1000 orang. Karaena aabila ada kesalahan mudah ditanggulangi. 

Tidak menggunakan teknologi yang tinggi sehingga apabila ada kesalahan mudah melakukan perbaikan dan service berkala. Dan yang lebih penting lagi, dengan menggunakan kartu check lock ini bisa dipakai untuk alat bukti (secara fisik) dalma perselisihan perburuhan. Sedangkan yang mengunaka alat elektonik canggih sulit mendapat alat bukti secara fisik karena harus import data dulu dari alatnya, lalu di print dan lain-lain.

Prosedur Payroll ini biasanya hanya berkisar pada koordinasi anatara Human resourcement department dengan Finance department. Langsung saja cek contoh prosedurnya di bawah ini.




0 Response to "Prosedur Payroll atau Pengupahan"

Post a Comment

Mari Berkomentar Secara Relevan


Regards